Kenapa customer experience penting? customer experience atau Pengalaman pelanggan dan layanan pelanggan telah menjadi dua topik yang sangat hangat. sudah tidak ada lagi alasan untuk para pebisnis untuk tidak mementingkan pengalaman pelanggan dan layanan pelanggan di masa sekarang
Saat belanja online terus berkembang, strategi pengalaman pelanggan yang hebat kini menjadi kunci kesuksesan bisnis apa pun. Memang, pembeli saat ini diberdayakan tidak seperti sebelumnya, dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dapat membantu bisnis mendorong loyalitas dan pendapatan dalam jangka panjang.
Berikut beberapa alasan kenapa customer experience penting
1. Merubah Pembeli baru menjadi pelanggan setia
Pengalaman menjadi aset berharga dan unik untuk semua jenis bisnis. untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Berinvestasi pada pelanggan kamu yang sudah ada akan terbayar dan hanya masalah waktu sampai kamu melihat hasil yang positif. Karena dengan menciptakan pengalaman sangat mengesankan terhadap pembeli kamu dapat memastikan bahwa mereka akan terus berbisnis dengan kamu di masa mendatang.
Kunci untuk menangani umpan balik negatif adalah menanggapi dengan sopan dan meyakinkan mereka bahwa kamu berusaha sebaik mungkin untuk menemukan solusi. Buat pelanggan kamu merasa didengarkan dan diperhatikan dan kamu akan menemukan bahwa itu akan terbayar dalam jangka panjang. Karena itu Layanan pelanggan adalah bagian penting dalam mengembangkan loyalitas merek, dan cara kamu merespons konsumen yang tidak puas akan menentukan apa yang mereka katakan tentang bisnis kamu ke banyak orang.
2. Unggulan bukan lagi masalah
Semakin sulit untuk membedakan bisnis kamu dengan bisnis lain ketika semua orang berbagi hal yang sama secara online, konten yang bagus. Keunggulan kompetitif sangat besar, dan pengalaman pelanggan adalah senjata yang sempurna untuk membantu bisnis kamu menonjol dari pesaing. “Pengalaman pelanggan adalah medan pertempuran kompetitif berikutnya.” 88% konsumen membaca ulasan untuk menentukan kualitas pengalaman pelanggan terhadap layanan bisnis kamu.
Baca disini : Perbedaan Karyawan Outsourcing dan Insourcing
3. Pentingnya Kepuasan pelanggan
Pengalaman pelanggan adalah kunci. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten di semua titik, pelanggan yang benar-benar puas menyumbang pendapatan 2,6 kali lebih banyak daripada pelanggan yang agak puas, dan pendapatan 14 kali lebih banyak daripada pelanggan yang agak tidak puas. Dengan mengawasi seluruh pelanggan, kamu dapat memastikan memberikan pengalaman yang lebih untuk pelanggan kamu melalui layanan positif sehingga menjadikan senjata unggulan dari bisnis lainnya.
4.Komunitas menjadi senjata tambahan
Dari mulut ke mulut adalah salah satu alat paling ampuh yang diinginkan perusahaan saat ini. Sebenarnya, 84% konsumen tidak lagi mempercayai iklan. Orang-orang sekarang mencari validasi pihak ketiga saat melakukan pembelian online. Dan itulah mengapa advokasi pelanggan sangat penting. Menggunakan advokat dan konten yang dibuat pengguna adalah cara yang efektif untuk melibatkan pelanggan, memperkuat loyalitas merek, dan merekomendasikan merek tersebut kepada konsumen lain.
5.Membangun kepercayaan
Sangat banyak merek dan iklan setiap hari, bagaimana kamu bisa membangun hubungan yang kuat dengan konsumen? Membuat setiap pelanggan kamu merasa diistimewakan dan kamu punya peluang besar untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan, sehingga terciptanya hubungan yang kuat untuk memunculkan repeat order.
Maka dari itu Pengalaman pelanggan adalah kunci kesuksesan perusahaan mana pun, dan pengalaman pelanggan yang hebat dimulai dengan layanan pelanggan yang hebat.